Mengapa Railing Kaca Sangat Perlu Dipasang Pada Tangga dan Balkon? Berikut Alasannya

Alasan Mengapa Railing Kaca Perlu Dipasang

Railing kaca dalam konstuksi modern adalah sesuatu yang sifatnya fundamental, terutama untuk konsep-konsep arsitektur minimalis yang mengutamakan estetika, elegan, modernitas dan juga kesederhanaan. Kaca railing dapat ditempatkan pada banyak bidang dalam sebuah aplikasi desain interior, bisa pada pagar tepi tangga, bisa pada pagar balkon, bisa pada tepian batas tengah di bangunan besar seperti mall yang lazim disebut railing void, dan sebagainya.

Sebenarnya apa sih yang menjadi alasan penggunaan kaca railing di berbagai tempat tersebut? Mengapa kaca tempered yang menjadi bahan utama railing digunakan sebagai pagar atau rail di tempat-tempat tersebut? Mengapa bukan material lain semacam kayu dan besi yang digunakan? Untuk menjawab berbagai pertanyaan seperti itu, berikut uraian lengkapnya.

Alasan Perlunya Memasang Railing Kaca Pada Tangga dan Balkon

Untuk railing sendiri sebenarnya ada beberapa bahan yang paling umum digunakan.  Bahan pertama misalnya adalah besi atau alumunium yang biasanya diaplikasikan pada pagar pembatas tepi untuk balkon dan juga tangga. Kemudian ada juga bahan kayu yang penempatannya pun sama. Sementara bahan lain yang juga kadang digunakan adalah akrilik, namun dalam dunia konstruksi material ini kurang populer karena cenderung tidak kuat terhadap  peruabahan cuaca.

Bahan kayu biasanya tidak tahan terhadap perubahan cuaca yang tidak menentu seperti panas hujan yang bergantian. Risiko utama dari material kayu sebagai railing adalah lapuk dan keropos. Sementara bahan besi pun demikian, besi meskipun lebih kuat daripada kayu, umumnya lebih rentan terhadap risiko korosi atau karat yang juga dapat menyebabkannya keropos. Pada dua alasan ini dapat disimpulkan bahwa alasan ketahanan adalah salah satu pilihan dijatuhkan pada kaca sebagai material railing.

Dan berikut adalah alasan lengkapnya mengapa railing menggunakan bahan kaca lebih diprioritaskan;

Ketahanan Terhadap Cuaca

Material kaca secara umum memiliki tingkat resistansi yang lebih baik dibandingkan material besi dan juga kayu. Ketika besi mengalami karat dan kayu mengalami pelapukan, kaca justru tidak terpengaruh dengan perubahan cuaca. Hanya saja kadang-kadang jika tidak dibarengi dengan perawatan yang tepat dan teratur, permukaan kaca dapat menjadi lebih buram karena terpapar panas dan hujan dalam waktu yang lama.

Alasan Mengapa Railing Kaca Perlu Dipasang

Estetika

Alasan kedua mengapa railing kaca lebih diutamakan daripada kayu atau pun besi adalah nilai estetikanya. Kaca tentu memiliki nilai seni yang lebih elegan sebagai pembatas pagar tepi pada tangga mau pun balkon. Kaca tidak saja mampu menampilkan kesan mewah dan modern yang maksimal, namun pada sisi lain kaca juga dapat mewakili semangat kehidupan urban pemilik bangunan atau rumah.

Jadi dilihat dari sudut pandang estetika, kaca lebih unggul dibandingkan material besi dan kayu sebagai material railing.

Pencahayaan dan Transparan

Kaca tentu saja tidak menjadi bahan yang mampu mem-blocking cahaya sehingga membuat suasana ruangan lebih gelap. Kaca yang menjadi railing baik di balkon mau pun pada pagar tepi luar tangga tetap akan menjadi pembatas yang aman tanpa mengurangi kadar cahaya yang diterima. Pada konsep ini, cahaya tidak akan terpengaruh oleh railing baik jumlah mau pun kadungannya.

Alasan ini sama seperti mengapa pada rumah modern dan minimalis umumnya menerapkan penggunaan kaca yang lebar sebagai dinding atau jendela. Kaca pada satu sisi dapat menjadi pelindung yang aman, dan pada sisi lain tetap mampu menghantarkan cahaya matahari yang hangat secara maksimal.

Ketahanan, estetika dan pencahayaan adalah 3 alasan utama mengapa railing kaca sangat ideal diterapkan sebagai pagar tepi luar untuk tangga mau pun balkon. Di samping dapat berfungsi sebagaimana mestinya, kaca juga dapat menambah keindahan dan nilai elegan rumah hunian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *