Ingin Rumah Terasa Sejuk dan Segar Meskipun Tanpa AC? Lakukan Beberapa Hal ini!

Membangun rumah, harus memperhatikan unsur-unsur penting agar hunian semakin nyaman ditempati. Salah satunya adalah wajib mempertimbangkan sirkulasi udaranya agar rumah jadi lebih segar dan kesehatan anggota keluarga sangat terjaga. Adanya sinar matahari yang masuk ke dalam rumah akan sangat mempengaruhi kondisi rumah. Tidak perlu memasang AC, dengan tips berikut ini, rumah akan tetap terasa segar.

Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC

Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC Lakukan Berikut Ini

Punya rumah sejuk meskipun tidak memasang AC, pastinya sangat menyenangkan, apalagi akhir-akhir ini hampir seluruh wilayah di Indonesia terkena kemarau panjang. Untuk mengantisipasi panasnya musim kemarau ini, anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Membangun Ventilasi

Jika rumah anda masih dalam tahap membangun, ada baiknya jika memberikan banyak lubang ventilasi pada rumah. Seperti menempatkan jendela di setiap ruangan, baik ruang tamu, ruang keluarga, kamar, dapur bahkan kamar mandi. Tentunya ventilasi, dibuat sesuai dengan kebutuhan masing-masing ruangan. Anda juga bisa membuat atap rumah lebih tinggi sehingga sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik dan tidak pengap. Hindari material karpet yang bisa dibeli di toko dengan harga karpet cukup murah, karena justru akan membuat ruangan jadi lebih terasa panas.

2. Meletakkan tanaman di dalam rumah

Di musim kemarau yang sangat panas ini, rasanya dimalam haripun juga tidak ada hawa sejuk yang bisa dirasakan. Maka dari itu, agar membuat rumah jadi lebih segar, anda bisa meletakkan tanaman dalam pot yang diletakkan di beberapa bagian rumah. Lebih disarankan untuk tanaman yang berwarna hijau supaya mata jauh lebih segar. Di bawah pot bisa dipasang karpet kecil, yang dibeli dengan harga karpet lantai tidak terlalu mahal karena ukurannya kecil. Hal ini dilakukan supaya keramik tidak tergores pot dan jadi retak permanen.

3. Penghuni penuh kedamainan

Kondisi rumah bisa mendapat pengaruh dari pemilik rumah, artinya jika anda dan anggota keluarga suka marah-marah, tidak ada kedamainan dan selalu memiliki hati serta pemikiran negatif, maka rumah juka akan terasa sangat panas, bahkan meskipun sudah memiliki banyak ventilasi. Bayangkan saja, jika sesama anggota keluarga tidak ada kesepakatan, bahkan bisa bertengkar hanya karena harga karpet lantai terlalu mahal. Berbeda halnya dengan rumah seseorang yang penuh damai, hidup tenang dan selalu berpikir serta melakukan tindakan positif, maka rumah juga akan menjadi lebih dingin dan sejuk meskipun tidak ada AC. Tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi hati pemilik rumah sangat berpengaruh pada keadaan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *