Mau Buat Taman di Dalam Rumah? Pastikan Ini Dulu

Kalau Anda ingin memiliki suasana sejuk dan segar di dalam rumah, membuat taman indoor adalah salah satu solusinya. Tak salah jika banyak rumah kekinian yang menyediakan area untuk menempatkan tanaman hijau. Tapi kalau mau taman berfungsi maksimal, buatlah dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini!

Taman di Dalam Rumah

6 Hal Ini Harus Dipersiapkan Dulu

Anda bisa membuat taman di dalam rumah dengan mempersiapkan enam hal berikut ini, jika sudah maka Anda akan memiliki sebuah taman indah multifungsi. Manfaatnya juga sangat baik untuk kesehatan dan interior rumah.

1. Di mana Letaknya?

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah dimana taman akan ditempatkan di dalam rumah. apakah di bagian ruang tamu, ruang keluarga atau mengambil lahan sendiri di salah satu spot rumah. Tapi biasanya dimanapun letaknya, taman ini berada di bawah atap yang terbuka menggunakan kanopi kaca yang akan memberikan cahaya matahari cukup.

2. Berapa Luasnya?

Berikutnya pastikan luas taman yang akan dibuat, pastikan tidak memakan terlalu banyak bagian sebuah ruangan, karena akan memberi kesan taman dipaksakan. Lebih baik kecil namun benar-benar dioptimalkan dengan baik. Contohnya, luas 2×3 meter di sudut ruang keluarga, atau diameter dua meter untuk bentuk bulat di tengah bangunan rumah.

3. Bagaimana Pencahayaannya?

Ini merupakan hal yang sangat penting, karena tanaman sangat membutuhkan cahaya matahari untuk tumbuh, atau setidaknya pencahayaan yang cukup. Kalau memungkinkan letakkanlah taman di bawah kanopi kaca yang ada di rumah Anda. namun jika tidak, maka pastikan area taman diberi pencahayaan yang cukup sepanjang hari.

4. Bagaimana Pengairannya?

Jika Anda merupakan tipe pencinta tanaman tentu tak masalah jika harus bolak balik mengambil air, untuk menyiram tanaman di taman yang Anda buat. Tapi bagi yang tingkat kesibukannya tinggi, namun tetap ingin punya taman yang indah tentu perlu memperhatikan pengairan untuk tanaman, apakah menggunakan pompa air khusus, atau slang yang terhubung ke area tersebut.

5. Apa Jenis Tanamannya?

Yang perlu diketahui adalah tak semua tanaman cocok dibudidayakan di dalam rumah, jadi Anda harus tahu jenis tanaman yang cocok. beberapa diantaranya adalah kaktus, lidah buaya, anthuriun, jade plant, mambu hias, bunga lili, sirih gading dan lidah mertua. Semua tanaman ini terkenal kuat pada cuaca minim dan perawatan yang sangat simple.

Tapi kalau Anda lebih memilih tanaman kesukaan Anda yang butuh perawatan maksimal, tentunya akan cukup sulit, apalagi jika Anda adalah orang yang sibuk. Ada baiknya juga berkonsultasi dengan ahli tanaman di tempat akan membeli bibit tanaman untuk memastikan jenis apa yang paling cocok dibudidayakan pada taman dalam rumah Anda.

6. Bagaimana Penataannya?

Untuk membuat taman di dalam rumah, baik dengan menggunakan pencahayaan langsung atau melalui kanopi kaca harus diperhatikan penataannya agar sekonsep dengan ruangan yang ada. Berilah sentuhan artistic dari pot yang digunakan, ukuran pot, warna pot dan letaknya.

Contohnya, Anda membuat taman di sudut ruang keluarga yang menggunakan konsep classic, maka sebaiknya penataan menggunakan konsep klasik juga. Mulai dari pemilihan  pot bunga classic, aksesoris taman, hingga jenis tanaman yang akan menyempurnakan kesan klasik di ruangan tersebut.

Enam hal di atas adalah mutlak harus Anda perhatikan sebelum membuat taman di dalam rumah, karena pengaplikasiannya berbeda dengan taman outdoor terutama soal pencahayaan. Makanya disarankan menggunakan area yang terkena matahari langsung seperti di bawah kanopi kaca atau di ruangan dengan pintu dan jendela kaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *