Keuntungan Mengetahui Model Steker Listrik untuk Kebutuhan Rumah

Model Steker Listrik untuk Kebutuhan Rumah

Listrik merupakan sumber kebutuhan yang kini dinilai pokok karena sangat dibutuhkan oleh semua orang untuk menerangi cahaya. Seiring berkembangnya jaman, banyak orang membutuhkan colokan listrik untuk memudahkan pekerjaan mereka. colokan listrik atau steker biasanya berada di ujung kabel yang fungsinya untuk menghubungkan antara kabel dengan stop kontak sebagai peyalur arus listrik. Ada yang berisi 2 pin atau 3 pin. Dengan semakin banyaknya colokan yang tersedia, maka semakin banyak pula hal yang bisa dikejakan, mulai dari mencas hp, memasang magic com, dan berbagai kegiatan yang membutuhkan bantuan listrik. Untuk itu, tak salah jika steker listrik menjadi kebutuhan penting dalam rumah tangga.

Keuntungan Mengetahui Berbagai Model Steker Listrik

Model Steker Listrik untuk Kebutuhan Rumah

Jika mendengar kata steker mungkin kita agak sedikit asing bagi mereka yang tidak mengenal dunia listrik. Namun, jika kita menyebut kata colokan listrik maka semua yang mendengar pasti mengerti. Sebenarnya steker atau colokan listrik adalah sama. Hanya saja kata colokan lebih umum didengar di telinga masyarakat. Ada begitu banyak model steker listrik di pasaran. Berikut beberapa keuntungan dalam menggunakan berbagai macam model steker.

1. Mengenali Secara Langsung Ketahanan Steker

Mungkin belajar mengenali steker listrik adalah hal yang tidak penting. Namun, banyak steker yang ternyata tidak memuaskan atau mudah mengalami kerusakan karena ketidakpahaman kita terhadap daya yang mampu dialirkan oleh tiap steker. Beberapa mungkin tidak tahan lama dan beberapa mungkin sanggup bertahan lama. Ketahanan ini juga tergantung dari penggunaan listrik yang dicolokkan pada steker. Semakin kuat daya steker maka semakin banyak tegangan yang bisa dialirkan, dan sebaliknya.

2. Sebagai Sistem Keamanan

Ada beberapa jenis steker yang menggunakan sistem grounding dan ada pula yang tidak. Penggunaan sistem grounding ini sebenarnya sangat membantu sekali untuk sistem keamanan listrik. Grounding sendiri adalah sistem pentanahan yang ada pada instalasi listrik, berfungsi untuk menghantarkan arus listrik langsung ke bumi saat terjadi kebocoran/konsleting yang dapat membahayakan jiwa.  Kebanyakan dari kita mengabaikan sistem

3. Mengetahui Kebutuhan

Beda jenis steker maka beda pula tegangan listrik yang dialirkan. Misalnya, type A mampu mengalirkan tegangan listrik hanya 100 volt saja, sementara penggunaan yang kita pakai mencapai 200 volt. Hal inilah yang menyebabkan kadang muncul percikan api dari stop kontak karena kelebihan tegangan. Untuk itu, penting bagi kita mengetahui jenis steker listrik dan stop kontak yang akan kita beli. Biasanya stop kontak dan steker memiliki satu tipe yang sama.

4. Memudahkan Penggunaan

Maksud dari memudahkan penggunaan disini adalah, dengan mengetahui jenis stop kontak yang kita gunakan pada area rumah, maka kita akan mengetahui jenis steker apa saja yang cocok dengan stop kontak rumah kita. Jangan salah ya, satu jenis stop kontak bisa dihubungkan dengan beberapa jenis  . Misalnya, stop kontak type A hanya bisa dihubungkan dengan stekertype A juga. Sementara, stop kontak type D dapat dihubungkan dengan steker type A, B, C, dan D. Inilah yang tentu memudahkan penggunaan jika suatu hal mendesak memaksa kita untuk menggunakan pasangan stop kontak dan steker yang berbeda. Namun, tetap harus diawasi juga tegangan yang dapat dialiri oleh stop kontak tersebut.

Nah, itulah beberapa keuntungan mengetahui berbagai model steker listrik untuk kebutuhan rumah kita. Sesuaikanlah penggunaan steker dan stop kontak dengan kebutuhan listrik di rumahmu.

 

Dapatkan harga Steker Listrik terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *